Masalah Umum Pompa Air dan Cara Memperbaiki Pompa Air Dengan Kerusakan Sederhana

Masalah Umum Pompa air dan Cara Memperbaiki Pompa air Dengan Kerusakan Sederhana

Air sangat besar manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, baik untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, maupun industri. Banyak cara untuk mendapatkan air yang salah satunya dengan memanfaatkan mesin pompa. Saat ini, pompa air telah dimanfaatkan di berbagai bidang, mulai dari skala perumahan sampai industri. Pompa air sangat membantu dalam mendapatkan air bersih yang lebih praktis, banyak, dan cepat.

Begitu pentingnya pompa air dalam mendapatkan air, masalah pun akan terjadi, yaitu ketika mesin pompa ini mengalami kerusakan. Betapa repotnya jika pompa air yang biasa digunakan tidak dapat bekerja. Ada 2 masalah pompa air yang sering terjadi yaitu:

1. Hal pertama tidak nyalanya pompa air adalah tidak ada aliran listrik masuk pada motor listrik, cara memperbaikinya adalah:

Cek kabel listrik dari saluran pompa air ke saluran listrik.
Kerusakan pada spul atau kumparan (lilitan tembaga) pada motor listrik bisa karena memang putus, terbakar-nya motor listrik, terjadi arus pendek atau sebab yang lain, tapi pada umumnya adalah putus.
Kalau pompa bisa nyala namun bersuara dengung dan air tidak mau keluar, ini hal lain lagi kemungkinan besar memang ada kerusakan pada spul listrik, untuk hal ini sebaiknya panggil service pompa.
2. Jika pompa air nyala tetapi tidak mengeluarkan air biasanya terjadi kerusakan pada pipa sambungan air dari sumber air, nah cara mengetahui bahwa pipa sambungan anda yang bocor adalah:

Buka pada tutup pancingan pada pompa air, dan pastikan apakah air masih penuh atau air berkurang.
Jika air masih penuh kemungkinan besar ada kesalahan pada pompa, kesalahan ini kemungkinan karena klep pompa yang sudah aus yang berada di leher hisap, anda bisa membuka leher hisap ini untuk memastikan bahwa klep dalam keadaan.
Cek kondisi klep bawah atau klep yang berada di sumber air, namun sebelum ada memastikan karena klep ini ada dua yaitu klep yang berada di bawah dan ada klep di tengah, untuk itu pastikan bahwa klep anda di bawah atau di tengah. cara cek klep bongkar atau potong pipa kemudian lihat apakah klep masih bekerja baik atau tidak, kalau memang kurang baik sebaiknya anda ganti dengan yang baru.
Cara merawat pompa air yaitu:

1.   Jangan menempatkan steker terlalu banyak pada stop kontak tempat pompa dicolokkan. Hal ini akan menyebabkan panas berlebih dan dapat menimbulkan percikan api(kebakaran).

2.   Hindari pengoperasian pompa dalam kondisi kering atau tanpa air. Pengoperasian dalam kondisi kering akan memperpendek usia pompa.

3.   Jangan membungkus, menyelimuti pompa, karena dapat menyebabkan kebakaran.

4.   Jauhkan pompa dari sinar matahari langsung atau hujan, karena akan memperpendek usia pompa dan menciptakan konsleting listrik. Namun jika posisinya mengharuskan terpapar sinar matahari, halangi sinar matahari dengan membuat kotak pelindung pompa air.

5.   Gunakan saringan pasir pada sumur yang mudah terisap kotoran pasir.